14
Jan
09

Bersama-Mu kurangkai panggilan dengan sahabat sepanggilan

“Bersama-Mu kurangkai panggilan dengan sahabat sepanggilan.”
Demikianlah bunyi tema “Natalan Bersama” frater-frater praja Keuskupan Purwokerto. Sudah menjadi tradisi bahwa setiap akhir tahun kami, para frater, mengadakan acara Natalan Bersama di TORSA, baik itu para frater yang sedang menjalani studi di Seminari Tinggi, masa TOP dan TOR. Untuk Natalan Bersama tahun ini, tiga frater praja Keuskupan Agung Jakarta yang sedang menjalani masa TOP di Keuskupan Purwokerto juga ikut serta.
Rangkaian acara Natalan Bersama ini dimulai sejak hari Sabtu, 27 Desember 2008 sampai Senin, 29 Desember 2008.

Sabtu, 27 Desember 2008
Acara dibuka dengan kunjungan ke paroki Hati Kudus Yesus Tegal untuk mengucapkan Selamat Natal kepada rama paroki. Kami disambut dengan hangat dan ramah oleh Rm. Raymond, MSC. Setelah itu, kami mengunjungi para suster PBHK. Kami pun disambut dengan hangat oleh para suster. Suasana hujan yang dingin seakan-akan menjadi tak terasa.
Sekitar pukul 18.00, kami kembali ke TORSA untuk merayakan misa Natalan Bersama yang dipimpin oleh Rm. Parjono dan Rm. Ary. Dalam kotbahnya, Rm. Ary mengajak kami merenungkan paguyuban Unio Kecil bercermin dari tiga pribadi dalam komunitas keluarga kudus Nazareth. Rm. Ary mengajak kami untuk melihat keutamaan-keutamaan serta pergulatan hidup ketiga pribadi tersebut. “Keluarga kudus Nazareth ini disatukan oleh Yesus. Kehadiran Yesus dalam keluarga inilah yang membuat keluarga ini menjadi keluarga kudus” kata Rm. Ary. Seperti halnya keluarga kudus Nazareth, paguyuban Ucil ini juga disatukan oleh Yesus Kristus oleh sebab panggilan yang sama sebagai calon-calon imam.
Malam, pkl 20.30, setelah makan malam, kami kemudian mengadakan acara kumpul-kumpul. Dalam acara tersebut, kami mensharingkan pengalaman merayakan Natal. Ada yang merayakan Natal di paroki, tetapi juga ada yang merayakan Natal bersama keluarga. Semuanya mempunyai kesan dan makna. Suasana sharing begitu cair, diwarnai dengan guyunan, ledekan, dan spontanitas- spontanitas. Setelah acara sharing selesai, acara masih dilanjutkan dengan bakar-bakar jagung.

Minggu, 28 Desember 2008
Hari ini menjadi begitu spesial, karena kami mengadakan tour. Tentu bukan sembarang tour! Kami bersama Rm. Parjono berkeliling- keliling mengunjungi beberapa keluarga para frater dengan menggunakan minibus. Kami berangkat mulai pukul 07.30. Keluarga yang pertama kali kami kunjungi adalah keluarga Fr. Agung, yang sudah tingkat VI. Kami disambut dengan ramah oleh keluarga. Karena kami sudah sering mengadakan kunjungan ke rumah Fr. Agung, acara di sana cukup singkat: kulanuwun, perkenalan para frater, perkenalan dari keluarga dan pamitan.
Kunjungan dilanjutkan ke Pemalang. Sesampainya di Pemalang kami berkunjung ke pastoran Paroki Pemalang. Di sana kami disambut dengan ramah dan hangat oleh Rm. Hadi, MSC yang saat ini sudah berusia 74 tahun dan Rm. Sheko, Pr.
Kemudian, kami melanjutkan kunjungan ke kediaman keluarga Fr. Atur Pepadang Gusti (tingkat III). Kami cukup lama berada di kediaman Fr. Atur. Keluarga menceritakan bagaimana mempunyai seorang anak yang menjadi frater. “Dalam diri saya, pertama-tama bukan rasa bangga yang muncul, tetapi rasa syukur. Kami bersyukur bahwa Atur anak kami dipanggil oleh Tuhan menjadi calon imam. Keluarga mendukung sepenuhnya, tetapi kami memasrahkan semua pada Tuhan”, kata Bpk. Sugito, ayahanda Fr. Atur.
Setelah itu, kami meluncur ke Pekalongan. Tujuan kami adalah berkunjung ke pastoran paroki Pekalongan dan kediaman Fr. Agung Bramantya (tingkat I).

Ketika kami sampai di depan gereja paroki Pekalongan, Rm. Toro sudah tampak di halaman, menunggu kedatangan kami. Senyum ramahnya menyambut kedatangan kami. Kami diajak melihat-lihat gereja. Di sana kami berdoa lalu foto-foto. Kemudian Rm. Toro mengajak kami ke ruang makan. Bermacam-macam hidangan tersedia. Selang beberapa saat kemudian, Rm. Bambang datang, kemudian Rm. Mardi dan Fr. Tri Kusuma (frater TOPer Pekalongan) dengan membawa durian. Kami pun pesta durian.
Setelah itu, kami berkunjung ke kediaman Fr. Agung. Di sana kami disambut dengan ramah dan hangat oleh keluarga. Karena hari sudah siang, kami pun makan siang di sana. Perjumpaan dengan keluarga Fr. Agung sungguh pengalaman yang meneguhkan, karena kami sudah dianggap sebagai bagian dalam keluarga.
Kemudian, kami melanjutkan perjalanan menuju Goa Maria Ratu di Besokor. Kami mendapat penumpang bis baru, yakni Fr. Tri dan Fr. Lucky yang bergabung dengan kami menuju Weleri. Sesampainya di Gua Maria, kami berdoa bersama mohon doa dan berkat dari Bunda Maria untuk perjalanan panggilan kami masing-masing.
Hari sudah sore. Matahari sudah tak tampak. Kami pun melanjutkan perjalanan kami, berkunjung ke paroki Batang dan kediaman Fr. Dhimas Martin (tingkat V). Kira-kira pukul 19.00 kami sampai di pastoran Batang. Kami disambut hangat oleh Rm. Surya, Fr. Lucky dan beberapa umat di pastoran yang baru saja dibangun. Pada waktu kami datang, Rm. Koko sedang tidak di pastoran karena ada pelayanan. Namun, beberapa saat kemudian, Rm. Koko pulang dan kami pun bisa berjumpa dengan beliau.
Setelah kunjungan di pastoran, kami lalu meluncur ke kediaman Fr. Dhimas Martin. Keluarga sudah menanti-nantikan kedatangan kami.
Setelah kulanuwun, kami kemudian saling memperkenalkan diri kepada keluarga. Demikian pula keluarga Fr. Dhimas memperkenalkan diri kepada kami. Sungguh menjadi rahmat tersendiri, karena pada hari ini kami bisa mengenal lebih dekat beberapa keluarga para frater.
Kami pun kembali ke TORSA, sampai di TORSA pkl 23.00

Senin, 29 Desember 2008
Hari ini adalah akhir dari rangkaian acara Natalan Bersama para frater. Acara Natalan ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Parjono. Sampai berita ini ditulis, beberapa frater ada yang sudah kembali ke rumah masing-masing, namun masih ada yang wawanhati dengan Rm. Parjono.

humas
fr lilik Andoko


0 Responses to “Bersama-Mu kurangkai panggilan dengan sahabat sepanggilan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 36,186 pengunjung

Tanggalan’e

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Polling

Peta Keuskupanku

Photobucket

Download Driver nVidia

AC_FL_RunContent('flashVars', 'widgetVersion=vertical&widgetLanguage=en-us','src', 'http://www.nvidia.com/content/DriverDownload/widget/v2/driver_widget','width', '320','height', '620','align', 'middle','id', 'driver_widget','quality', 'high','bgcolor', '#869ca7','name', 'driver_widget','wmode', 'transparent','allowScriptAccess','sameDomain','type', 'application/x-shockwave-flash','pluginspage', 'http://www.adobe.com/go/getflashplayer');

Selamat Natal 2008 dan tahun baru 2009


%d blogger menyukai ini: