07
Des
08

Menumbuhkan Iman Sejak Dini

Judul                : Minggu Gembira-Panduan untuk Pendamping

                            Sekolah Minggu.

Penulis              : Al. Amin Susanto, dkk.

Penerbit            : Kanisius, Yogyakarta

Tahun                : 2008

Tebal                 : 240 hal

 

 

       Masa depan Gereja berada di tangan anak-anak. Pendampingan dan pendidikan iman yang baik bagi mereka perlu dilakukan sejak dini dengan arah dan kerangka yang jelas. Dengan demikian, anak-anak dapat berkembang dalam iman yang benar. Dengan  demikian diharapkan mereka dapat menjadi warga Gereja yang mengetahui, memahami, dan terlebih menghayati iman mereka.

sundayschool  “Minggu Gembira” adalah sebuah buku yang dapat membantu para pendamping atau guru sekolah Minggu di paroki-paroki maupun lingkungan untuk mendampingi anak-anak bina mereka. Buku ini sederhana dan praktis sehingga mudah diikuti dan dipraktekkan dalam acara pendampingan sekolah Minggu. Dalam setiap bahan pertemuan selalu disampaikan terlebih dahulu poin-poin renungan, tujuan, sumber bahan dari Kitab Suci, sarana dan juga alat yang dibutuhkan. Setelah itu, disampaikanlah alur renungan yang polanya selalu tetap: pembuka, doa, menyadari pengalaman, mendengarkan sabda Allah, mempertemukan pengalaman sehari-hari dengan pengalaman iman, membuat niat, doa, dan lagu penutup.

        Sungguh baik dan indah ketika kita bisa mengajak anak-anak melihat pengalaman konkret hidupnya sehari-hari secara sederhana. Panduan pertanyaan yang diberikan di dalam buku ini sangat membantu para pendamping untuk menggugah partisipasi anak-anak bina. Kemudian, kita mengajak mereka mendengarkan sabda Tuhan dari Kitab Suci. Anak-anak kita ajak mempertemukan pengalaman hidup sehari-harinya dengan sabda Tuhan dan menjadikannya pengalaman iman yang kecil dan sederhana. Seperti itulah yang dikehendaki Yesus, “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.” Setelah mengenal dan memahami suatu bahan, maka kemudian anak-anak diajak untuk membuat niat konkret atas dasar pengalaman imannya itu. Pembiasaan untuk menemukan Allah dalam kenyataan hidup konkret sehari-hari itulah yang akan memberi pendasaran yang kuat bagi kehidupan iman anak-anak untuk seterusnya.

Setiap bahan pertemuan tidak berdiri sendiri melainkan membentuk suatu pola perjalanan berdasarkan pertimbangan perkembangan psikologis anak-anak. Kesatuan bahan-bahan itu menghantar anak-anak mulai dari pengenalan akan diri sendiri di hadapan Allah, pengenalan sebagai warga Gereja, dan akhirnya sebagai  warga masyarakat luas. Dengan demikian, melalui setiap tema dan metode yang diberikan, anak-anak dikembangkan secara bertahap sesuai dengan tahapan perkembangan psikologis mereka.

         Karena usia perkembangan yang disasar oleh buku ini adalah usia 7-10 tahun, yaitu rentang waktu di mana anak-anak akan menerima komuni,  perlu sedikit variasi dan kreativitas supaya  buku ini juga bisa berbicara bagi anak-anak pra sekolah yang seringkali dicampur begitu saja dan mengikuti acara sekolah Minggu. Meski masalah itu juga bisa diatasi dengan memisahkan anak-anak menurut usia mereka dan memberikan bahan yang berbeda.

            Memang buku ini bisa memberikan panduan pendampingan iman anak yang memadai, tetapi tetap dituntut kreativitas dan fleksibilitas dari para pendamping. Tanpa  semangat kreativitas dari para pendamping,  panduan yang diberikan oleh buku ini bisa kehilangan pesan dan semangatnya. Tanpa fleksibilitas, dinamika perjumpaan dengan Tuhan dan sesama yang ditawarkan oleh buku ini bisa jadi malah tidak memberi ruang yang cukup bagi ekspresi masing-masing pribadi sesuai dengan keadaan masing-masing tempat.

 

 

oleh: Fr. Palma Adi Hantoro

(majalah Salus)


1 Response to “Menumbuhkan Iman Sejak Dini”


  1. 2 Oktober 2009 pukul 10:29 am

    ijin ambil gambar nya …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 36,186 pengunjung

Tanggalan’e

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Polling

Peta Keuskupanku

Photobucket

Download Driver nVidia

AC_FL_RunContent('flashVars', 'widgetVersion=vertical&widgetLanguage=en-us','src', 'http://www.nvidia.com/content/DriverDownload/widget/v2/driver_widget','width', '320','height', '620','align', 'middle','id', 'driver_widget','quality', 'high','bgcolor', '#869ca7','name', 'driver_widget','wmode', 'transparent','allowScriptAccess','sameDomain','type', 'application/x-shockwave-flash','pluginspage', 'http://www.adobe.com/go/getflashplayer');

Selamat Natal 2008 dan tahun baru 2009


%d blogger menyukai ini: