07
Des
08

Doa Novena Tiga Salam Maria: Melalui Maria Menuju Yesus

Dalam perjalanan kehidupan Gereja, ada kalanya devosi mengalami perkembangan dan juga penurunan. Hingga sekarang ada banyak devosi yang muncul, salah satunya adalah devosi kepada Bunda Maria. Devosi kepada Bunda Maria ini juga memiliki jenis yang beraneka ragam, mulai dari doa Salam Maria yang sederhana, Doa Angelus (Malaikat Tuhan), Doa Rosario dan berbagai macam novena, seperti Novena Bunda  Maria Penolong Abadi dan Novena Tiga Salam Maria. Pada kesempatan kali ini kita akan bersama mendalami salah satu bentuk devosi kepada Bunda Maria yaitu Novena Tiga Salam Maria.

Novena adalah doa pribadi atau doa bersama selama sembilan hari berturut-turut yang dipanjatkan guna mendapatkan suatu rahmat khusus, memohon suatu karunia khusus atau menyampaikan suatu permohonan khusus. Novena berasal dari kata Latin “novem” yang artinya “sembilan”. Seperti tampak dalam definisi di atas, novena selalu menyiratkan adanya kepentingan yang mendesak. Dalam perjanjian Lama tidak ada tradisi berdoa selama sembilan hari ini, namun kemungkinan tradisi para rasul saat menantikan Roh Kudus dan berdoa sembilan hari menjadi dasarnya.(Bdk. Kis 1:12, 14)

Sejak masa awal Gereja, tulisan-tulisan mengenai Maria mempunyai suatu perkembangan. Di satu pihak, ada perkembangan pemahaman teologi mengenai Maria dan tempatnya dalam Gereja. Umat gereja mulai menyadari peranan Maria sebagai Bunda Allah, yang mengambil bagian dalam karya penebusan Kristus dan menjadi penolong dalam penyalur rahmat Allah. Beberapa gelar kemudian berangsur-berangsur diberikan kepada Maria. Umat beriman juga menyadari kekuatan dan kebesaran Maria, Bunda Allah. Oleh karena itu, mereka juga mengakui kemampuan yang luar biasa dari Bunda Maria untuk mewujudkan peristiwa-peristiwa luar biasa dengan menjamin rahmat yang diperoleh berkat kematian Putranya yang menyelamatkan. Di lain pihak juga terjadi perkembangan devosi kepada Maria di kalangan umat.

ibu mariaSebagai ciptaan yang terpuji, Maria dapat menjadi model untuk semua orang Kristen. Hidup Maria adalah sebuah penghayatan hidup dalam ketaatan dan keutamaan sempurna menurut menurut kehendak Allah.

Dokumen Konsili Vatikan II, khususnya bab 8 Konstitusi Konstitusi Dogmatis tentang Gereja, Lumen Gentium, khusus berbicara mengenai “ Santa Perawan Maria Bunda Allah dalam Misteri Kristus dan Gereja”. Dalam dokumen ini dipertimbangkan praktek-praktek devosi yang ditujukan kepada Maria. Tiga prinsip dikemukakan sebagai pedoman arah. Yang pertama, harus ada luapan yang tulus dan iklas dari devosi kepada Maria kepada pihak umat beriman. Yang kedua, devosi kepada Maria tidak boleh atau jangan sampai mengaburkan hakekat dan peranan Kristus. Devosi kepada Maria harus berpusat kepada Yesus Kristus (melalui Maria menuju Yesus). Yang ketiga, devosi kepada Maria janganlah berlebih-lebihan, harus menghindari diri dari sekap picik, pikiran tertutup dan takhayul atau kepercayaan sia-sia.

Novena?

Novena Tiga Salam Maria adalah novena yang berasal dari Santa Mechtildis dari Helfta yang hidup pada tahun 1241 sampai dengan tahun 1298. Ia mendapat pengalaman rohani dari Bunda Maria. Ketika ia mencemaskan keselamatan hidupnya ia memohon agar Bunda Maria berkenan membantunya pada saat kematian. Bunda Maria menanggapi permohonan itu seraya meminta agar Santa Mechtildis berdoa tiga kali Salam Maria setiap hari.

Atas jasa Santo Antonius dari Padua, Santo Leonardus dari Porto Mauritio dan Santo Alfonsus dari Liguori, doa Tiga Salam Maria itu selanjutnya berkembang luas. Ketiga Santo ini dianggap sebagai pewarta ulung doa Tiga Salam Maria. Dan dalam perkembangan selanjutnya, doa Tiga Salam Maria itu menjadi doa Novena Tiga Salam Maria. Doa itu tidak lagi didoakan setiap hari, tetapi mulai didoakan untuk kurun waktu sembilan kali berturut-turut.

Dalam perjalanan waktu, ada suatu tradisi untuk mengucap syukur atas bantuan Bunda Maria apabila permohonan terkabulkan melalui doa Novena Tiga Salam Maria ini. Tidaklah mengherankan apabila kita menjumpai ucapan syukur atas terkabulnya permohonan melalui novena ini dalam Perayaan Ekaristi, media cetak atau dalam kesaksian hidup.

Sebagai orang Kristiani kita meyakini doa adalah sarana kita menghadap kepada Tuhan dan berelasi denganNya. Pusat iman Kristiani adalah Yesus Kristus. Yang perlu kita sadari bersama adalah bahwa meskipun bermacam-macam bentuk dan rumusannya, semua tertuju kepada Yesus Kristus. Oleh karena itu doa Novena Tiga Salam Maria juga harus kita hayati sebagai sarana kita dekat dengan Yesus. Jadi kita jangan terlalu mengagungkan doa Novena apalagi sampai melalaikan pusat iman kita: Yesus Kristus.

Dalam Gereja Novena Tiga Salam Maria (yang termasuk dalam salah satu bentuk devosi) tidak pernah dipandang sebagai pengganti liturgi resmi. Perayaan Ekaristi merupakan liturgi resmi  tingkatan tertinggi  akan tetapi devosi dapat dihubungkan dengan liturgi resmi. (Bdk. E. Martasudjita, Pr. Pengantar Liturgi, 151). Berkaitan dengan pernyataan ini tentu ironis bila kita rajin berdoa novena tetapi malaikan Ekaristi yang merupakan puncak kehidupan iman Kristiani.

Hal lain yang harus kita perhatikan dalam devosi, termasuk dengan doa Novena Tiga Salam Maria adalah bahwa kita harus menyingkirkan pandangan bahwa terkabulnya suatu doa karena rumusan dari doa itu, mantra, hitungan, angka, barang. Kita harus senantiasa mengingat bahwa sumber daya dan kekuatan terkabulnya suatu doa hanyalah Allah berkat iman kita kepadaNya. Sebagai contoh, sebenarnya tidak pas kalau ada di antara kita menganggap rumusan doa tertentu lebih terkabul dibandingkan rumusan doa yang lain. Mengingat bahwa doa Novena Tiga Salam Maria juga merupakan salah satu cara mengungkapkan iman kita melalui hidup devosi, baiklah kita melengkapi hidup kita dengan yang pokok dan tambahan.

 

-Aku tahu bahwa aku tak pantas mendapat kurnia itu,

sebab kerap kali aku menyedihkan hatimu dengan menghina Yesus, putramu.-

 

 

Fr. Fajar dan Fr. Wahyu Rusmana


3 Responses to “Doa Novena Tiga Salam Maria: Melalui Maria Menuju Yesus”


  1. 28 Januari 2009 pukul 4:09 am

    Duh, terimakasih nih penjelasannya.Tolong doakan juga yah, saya seorang pemuda yang sedang mencari jati diri.Salam dari Bandung

  2. 2 Felisia Wening
    1 Mei 2009 pukul 3:06 pm

    3x doa novena slm maria, 3x pula doa sy dkabulkan. Terima kasih kpn Bunda Maria yg sll meneruskn doa sy kpd puterany yg tunggal, Tuhan kami Yesus Kristus.

  3. 2 Maret 2014 pukul 7:11 pm

    terimksh bt penjelasannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 36,186 pengunjung

Tanggalan’e

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Polling

Peta Keuskupanku

Photobucket

Download Driver nVidia

AC_FL_RunContent('flashVars', 'widgetVersion=vertical&widgetLanguage=en-us','src', 'http://www.nvidia.com/content/DriverDownload/widget/v2/driver_widget','width', '320','height', '620','align', 'middle','id', 'driver_widget','quality', 'high','bgcolor', '#869ca7','name', 'driver_widget','wmode', 'transparent','allowScriptAccess','sameDomain','type', 'application/x-shockwave-flash','pluginspage', 'http://www.adobe.com/go/getflashplayer');

Selamat Natal 2008 dan tahun baru 2009


%d blogger menyukai ini: