26
Nov
08

Hari studi di seminari -tentang peta politik menjelang pemilu 2009

“liberalisasi politik itu hanya dalam ranah demokrasi prosedural belaka. Belum eksistensial,” demikian kata Bp. Widihasto dalam pengantar presentasi singkatnya dalam hari studi yang diadakan di Seminari Tinggi St. Paulus. Kentungan, Yogyakarta (Senin, 24 November 2008), yang bertemakan -Peta Politik Menjelang Pemilu 2009-. Hari studi ini adalah acara rutin yang diadakan para frater. Kalau kali ini para frater mengambil tema tersebut, jelas maksudnya adalah agar para frater juga ikut melihat, memahami bagaimana politik Indonesia saat ini.
Pembicara yang diundang adalah Bp. Stefanus Widihasto Wasana Putra, seorang penggiat gerakan politik, alumnus sosial politik atmajaya. Beliau menyampaikan bahwa dunia politik Indonesia adalah dunia yang penuh kepalsuan, tidak menyentuh sesuatu yang real. “Karena itu, tidak mengubah apa-apa,” tambahnya lagi. Kesadaran ini penting, namun bukan berarti menciptkan sikap apatis. sikap apatis, pasif, tidak akan menghasilkan perubahan apa-apa. dibutuhkan sikap aktif, justru agar situasi politik Indonesia semakin baik. Karena itulah, pak hasto, -demikian ia dipanggil, -yang sedianya juga akan ditemani di Bp. Sigit, litbang PDI P-, tetap melanjutkan informasinya, juga asumsinya berkaitan dengan peta politik Indonesia. Berturut-turut kemudian disampaikan oleh mantan Panwaslu ini yaitu tentang perubahan peta suara partai dari pemilu tahun 1999, ke pemilu 2004. Suara PDI P yang mengalami penurunan. Suara Golkar yang tetap menjanjikan. PKS yang semakin menyodok dalam perolehan kursi. Di sisi lain, masyarakat Indonesia ternyata masih memercayai dan menjatuhkan pilihan politiknya pada parpol yang basis ideologinya nasionalis. Meskipun tidak dipungkiri bahwa ideologi sektarian cukup mendapatkan kenaikan suara. Satu lagi informasi yang cukup menarik adalah pembahasan mengenai calon-calon presiden ke depan.
Presentasi kemudian dilanjutkan dengan forum tanya jawab.
akhirnya, Pak Hasto mengajak agar Gereja tidak terlibat dalam real kekuasaan, the realm of power, tapi justru memperkuat ranah kebaikan bersama, common good, wilayah kebenaran, kejujuran, keadilan, penyembuhan, cinta kasih, pemerdekaan, pendamaian, dsb, agar orang dan masyarakat makin memerdekan diri, manusiawi, adil, dan beradab.
semoga demikian…

kristiadi

-humas unio kecil-


0 Responses to “Hari studi di seminari -tentang peta politik menjelang pemilu 2009”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 36,186 pengunjung

Tanggalan’e

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Polling

Peta Keuskupanku

Photobucket

Download Driver nVidia

AC_FL_RunContent('flashVars', 'widgetVersion=vertical&widgetLanguage=en-us','src', 'http://www.nvidia.com/content/DriverDownload/widget/v2/driver_widget','width', '320','height', '620','align', 'middle','id', 'driver_widget','quality', 'high','bgcolor', '#869ca7','name', 'driver_widget','wmode', 'transparent','allowScriptAccess','sameDomain','type', 'application/x-shockwave-flash','pluginspage', 'http://www.adobe.com/go/getflashplayer');

Selamat Natal 2008 dan tahun baru 2009


%d blogger menyukai ini: