21
Nov
08

Jejak Langkah

  1. Inisiasi Frater baru

Ucil (Unio kecil) Purwokerto yang ada di Seminari Tinggi Kentungan mengadakan inisiasi untuk frater baru tanggal 14 September 2008. Dalam acara Inisiasi tersebut, para frater baru (Fr. Dika, Fr. Agung, Fr. Bram dan Fr. Igo) diminta untuk menghibur frater-frater senior dengan permainan dan gerak lagu. Nah, setelah frater-frater senior terhibur dengan kegaringan dari permainan yang sudah pernah dimainkan, mereka memulai ritual inisiasi. Para frater baru digiring ke sebuah kolam. Di sanalah, mereka menyiram air kembang tujuh rupa secara bergantian ke kepala frater yang akan diinisiasi. Mereka tampak puas dengan inisiasi yang dapat terulang kembali karena tahun lalu tidak ada frater Purwokerto yang melanjutkan studi di Kentungan.

Selamat datang para frater baru…semoga cepat kerasan dan mantab dalam panggilan.   

 

  1. Seminar Paulus

Pada tahun ini, Fakultas Teologi Wedhabakti yang adalah tempat study para frater Purwokerto memperingati 25 tahunnya. Peringatan ini menjadi berkesan karena fokus yang dibahas adalah mengenai keteladanan Santo Paulus yang menjadi santo pelindung Seminari Tinggi. Rangkaian kegiatan dimulai dengan seminar yang mengulas metode Pastoral Santo Paulus. Seminar tersebut diselenggarakan pada tanggal 29 September 2008. Narasumber-narasumber yang ditampilkan dalam seminar tersebut juga cukup berpengalaman di antaranya yaitu Rm. Martin Suhartomo, SJ Pendeta Yusak Triwidiyanto dari gereja Kristen Jawa dan Rm. Hari Kustono. Narasumber-Narasumber tersebut mencoba untuk melihat kekhasan Santo Paulus yang berpijak dari pengalaman Damsyik.

Semoga saja seminar kali menjadi bekal yang berharga bagi para frater dalam melayani umat. Amin.

 

  1. Rekoleksi Komunitas September dan Oktober

Selama setahun ini, rekoleksi bulanan yang diadakan oleh Seminari Tinggi di St. Paulus Kentungan mempunyai tema besar yaitu belajar meningkatkan kualitas relasi dari Santo Paulus. Rekoleksi pertama diadakan tanggal 6-7 September 2008 dengan tema “Pengalaman Kasih Allah”. Rm. Hari Kustono yang bertindak sebagai pembimbing rekoleksi kali ini mengajak para frater untuk melihat kembali pengalaman dikasihi oleh Allah.

Pada bulan Oktober, rekoleksi yang diadakan mengambil tema dari relasi persahabatan Paulus. Yang menjadi pembimbing rekoleksi bulan Oktober adalah Rm, Indra Sanjaya. Romo Indra Sanjaya mengajak untuk para frater untuk melihat persahaban Paulus yang terungkap dalam kisah-kisah para rasul.

Berarti…dengan rekoleksi-rekoleksi yang diadakan, para frater semakin berkembang kualitas relasinya donk…

 

  1. Temu bulanan: sharing Pastoral Fr. Heri

Unio Kecil Purwokerto kembali berkumpul untuk yang kedua kalinya pada tanggal 12 Oktober 2008. Sebenarnya, pertemuan yang kedua ini akan mengundang Rm. Slamet Lasmunadi yang akan berbicara tentang strategi pastoral yang profesional. Akan tetapi, beliau berhalangan hadir karena sedang menjalani rawat inap di RS. Panti Rapih. Pengurus inti Unio Kecil Purwokerto akhirnya memutuskan untuk mengganti pembicara pembicara dan tema. Pembicara yang didatangkan adalah Frater Heri yang sedang menjalani masa TOP di Wisma Mahasiswa. Tema yang diangkat adalah “Pendampingan Mahasiswa Katolik di Keuskupan Purwokerto”. Proficiat dan terima kasih untuk Fr. Heri atas wawasannya.

Hayo..hayo..siapa yang ingin mengalami masa TOP di Wisma Mahasiswa menggantikan Fr. Heri..???

 

  1. Libur Lebaran

Tak terasa libur sudah tiba. Para frater Seminari Tinggi dan tentunya para frater Keuskupan Purwokerto juga mendapat kesempatan libur lebaran selama  satu minggu. Paling tidak ada kesempatan refreshing kali ini bisa digunakan dengan baik oleh para frater sebelum akhirnya para frater berjuang menghadapi mid semester. Libur lebaran menjadi sesuatu yang menyenangkan karena para frater bisa berkumpul sejenak bersama dengan keluarga.Para frater tidak hanya melepas rasa kangen tetapi juga mengingat kembali awal panggilan mereka.

“Pak’e, bu’e nyong balik neng omah maning”

 

  1. Proyek sosial dan Proyek harapan

Para frater tingkat IV mulai melaksanakan salah satu tugas studinya yaitu proyek sosial. Mereka ditugaskan untuk menggali pengalaman dan mempelajari kehidupan dari para buruh. Bentuk kegiatan yang dilakukan para frater adalah terjun ke dalam rutinitas kerja para buruh. Kegiatan ini berlangsung selama sepuluh hari, 14-25 Oktober 2008. Mereka menjadi buruh di berbagai macam pabrik, mulai dari pabrik pakaian hingga pabrik obat-obatan. Setelah mereka pulang, mereka masih dapat tersenyum ketika ditanya,”gimana, senang nggak ikut proyek sosial”. Mereka menjawab dengan senyum lalu berujar, “ya, senang tapi capek sekali”. Mungkin ini resiko dari suatu perjuangan untuk merasa bahagia yaitu kerja keras dan rasa lelah.

Lalu apa itu proyek harapan? Proyek harapan juga merupakan tugas out-door yang dilaksanakan oleh para frater tingkat V. Mereka secara khusus bertugas di rumah sakit, asal bukan rumah sakit jiwa….hi ntar ketularan. Yang dilakukan adalah memberi semangat bagi para pasien serta belajar bagaiman para pasien berharap akan kesembuhan terhadap penyakit yang diderita. Proyek ini berlangsung selama satu minggu, 18-25 Oktober 2008. Para frater yang menjalani proyek harapan wajib mengikuti jadwal jaga perawat rumah sakit. Dengan berseragam putih-hitam, mereka mengkunjungi para pasien yang ada. Wah bisa-bisa disangka SPB (Sales Promotion Boy) yang menawarkan produk di rumah sakit.

Semoga para frater semakin berjiwa sosial dan dapat selalu menggantungkan harapannya kepada Tuhan.

 

Fr. Agung


0 Responses to “Jejak Langkah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 36,186 pengunjung

Tanggalan’e

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Polling

Peta Keuskupanku

Photobucket

Download Driver nVidia

AC_FL_RunContent('flashVars', 'widgetVersion=vertical&widgetLanguage=en-us','src', 'http://www.nvidia.com/content/DriverDownload/widget/v2/driver_widget','width', '320','height', '620','align', 'middle','id', 'driver_widget','quality', 'high','bgcolor', '#869ca7','name', 'driver_widget','wmode', 'transparent','allowScriptAccess','sameDomain','type', 'application/x-shockwave-flash','pluginspage', 'http://www.adobe.com/go/getflashplayer');

Selamat Natal 2008 dan tahun baru 2009


%d blogger menyukai ini: