19
Nov
08

Santo-Santa: Santo Blasius

Santo Blasius

Santo Blasius dilahirkan di Sebastia, Asia Kecil. Sekarang, daerah tersebut bernama Sivas, Turki. Santo Blasius dikenal sebagai Uskup dan Martir pada abad pertengahan. Selain itu, Santo Blasius juga dikenal sebagai Santo Pelindung bagi orang-orang yang mengalami sakit tenggorokan.

Menurut tradisi yang ada, Santo Blasius adalah keturunan bangsawan. Dalam perjalanan waktu selanjutnya, ia mengalami pendidikan iman Kristen. Pada akhirnya, dia ditahbiskan sebagai Uskup Sebastia. Pada waktu itu, agama Kristen sudah tersebar luas di berbagai macam daerah akan tetapi, Licinius, Kaisar Roma pada saat itu tetap mengadakan penyiksaan dan pengejaran terhadap orang-orang Kristen dan akhirnya ia berhasil menangkap dan menawan Santo Blasius. Ketika berada dalam penjara, ia berhasil mengeluarkan duri ikan dari tenggorokan seorang anak yang hampir mati karena tidak dapat bernafas. Beberapa saat kemudian, Santo Blasius dibunuh oleh para tentara Kaisar Licinus.

Menurut cerita yang beredar, sebelum menjadi Uskup, Santo Blasisius dikenal sebagai seorang tabib atau dokter yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan banyak orang. Banyak sekali cerita mukjizat yang dikenal dari kehidupan Santo Blasius. Salah satu cerita yang cukup terkenal adalah ketika ia menyembuhkan penyakit pada binatang buas pada saat ia berada dalam pengungsian karena pengejaran Kaisar Licinius.

Mulai abad 16, berkat Santo Blasius sudah mulai dipraktekkan oleh Gereja pada saat peringatan pestanya yaitu setiap tanggal 3 Februari. Biasanya, orang menerima ‘Pemberkatan Santo Blasius’ dengan dua lilin menyilang yang diletakkan pada tenggorokan. Hal itu dilakukan dengan iman karena dipercaya dapat melindungi orang dari penyakit tenggorokan. Oleh karena itu, ia dikenal sebagai salah satu dari 14 orang Kudus yang dikhususkan oleh Gereja sebagai Penolong banyak orang terutama yang mengalami penyakit tenggorokan.


0 Responses to “Santo-Santa: Santo Blasius”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 36,186 pengunjung

Tanggalan’e

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Polling

Peta Keuskupanku

Photobucket

Download Driver nVidia

AC_FL_RunContent('flashVars', 'widgetVersion=vertical&widgetLanguage=en-us','src', 'http://www.nvidia.com/content/DriverDownload/widget/v2/driver_widget','width', '320','height', '620','align', 'middle','id', 'driver_widget','quality', 'high','bgcolor', '#869ca7','name', 'driver_widget','wmode', 'transparent','allowScriptAccess','sameDomain','type', 'application/x-shockwave-flash','pluginspage', 'http://www.adobe.com/go/getflashplayer');

Selamat Natal 2008 dan tahun baru 2009


%d blogger menyukai ini: