08
Nov
08

Mens Sana in Corpore Sano

 Di Dalam Tubuh yang Sehat ada Jiwa yang Kuat

 

Hidup keseharian para frater atau imam sering kali disederhanakan oleh banyak orang sehingga yang dilihat dari mereka hanyalah kehidupan rohani. Sering terdengar bahwa frater atau imam itu harus banyak berdoa, berdevosi, mempunyai hidup kerohanian yang mendalam supaya panggilannya mantab dsb. Namun, apakah kehidupan para frater atau imam hanyalah berkutat dengan kehidupan rohani saja ?

Tidak dapat dilupakan bahwa selain mempunyai jiwa, manusia, termasuk kaum rohaniwan, juga mempunyai badan. Hubungan antara jiwa, badan, dan pikiran itu sangat erat dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Badan atau tubuh manusia menjadi sarana untuk membuat jiwa dapat tetap sehat. Pikiran yang teratur dan terarah juga menjadi dasar dari terbentuknya rasa kereligiusan yang mendalam. Oleh karena itu, di samping mempunyai hidup kerohanian yang terjaga, kaum rohaniwan pun diharapkan mempunyai pengetahuan yang cukup, dan tak lupa kesehatan badan yang perlu mendapat perhatian tersendiri.

Perhatian terhadap kesehatan badan menjadi sesuatu yang penting di kalangan para para frater atau imam itu sendiri. Sering kali, kita mendengar banyak kaum rohaniwan yang menderita penyakit darah tinggi, serangan jantung, liver, gula, kolesterol, dsb. Faktor usia memang menentukan tetapi toh perhatian terhadap kesehatan yang dibina sejak dini memegang peranan tersendiri dalam menjaga badan hingga usia lanjut. Jika demikian, bentuk pemeliharaan kesehatan sejak dini, entah itu pengaturan pola berolahraga, pola makan dan pola istirahat yang benar dan teratur memegang peranan yang cukup menentukan.

Kiranya, di samping usaha para frater dan imam itu sendiri, umat juga memegang peranan dalam menjaga calon gembala dan gembala mereka. Caos dhahar Romo menjadi contohnya. Umat mempunyai andil dalam menjaga kandungan nilai gizi dalam makanan yang disediakan untuk gembala mereka. Jangan sampai makanan yang disediakan dengan tidak memperhatikan nilai gizi dapat mengganggu kesehatan yang dijaga oleh para imam guna memperlancar pelayanan mereka.

Dewasa ini, banyak orang bicara tentang cara-cara menjaga kesehatan entah itu food combining, makanan 4 sehat 5 sempurna, terapi ini-itu dsb. Lebih penting dari itu semua, umat, para frater serta imam diajak untuk menyadari bahwa kesehatan badan yang dijaga dengan pengaturan pola makan, istirahat dan olahraga yang benar menjadi bagian dari hidup. Harapannya, para frater dan Imam dapat mengusahakan pola berolahraga, pola makan, dan pola istirahat yang teratur sedangkan umat dapat menjaga kandungan gizi dalam makanan yang disajikan kepada para imam.


0 Responses to “Mens Sana in Corpore Sano”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 36,186 pengunjung

Tanggalan’e

November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Polling

Peta Keuskupanku

Photobucket

Download Driver nVidia

AC_FL_RunContent('flashVars', 'widgetVersion=vertical&widgetLanguage=en-us','src', 'http://www.nvidia.com/content/DriverDownload/widget/v2/driver_widget','width', '320','height', '620','align', 'middle','id', 'driver_widget','quality', 'high','bgcolor', '#869ca7','name', 'driver_widget','wmode', 'transparent','allowScriptAccess','sameDomain','type', 'application/x-shockwave-flash','pluginspage', 'http://www.adobe.com/go/getflashplayer');

Selamat Natal 2008 dan tahun baru 2009


%d blogger menyukai ini: